jump to navigation

Mau Langsing dan Sehat? Diet Mayo, yuks! March 8, 2012

Posted by chika-chika kelap-kelip in Healthy.
Tags: , , ,
111 comments

Heboh banget orang-orang di kantor gara-gara “booming”nya suatu program yang terbukti bisa membuat tubuh menjadi “agak” langsing alias menurunkan berat badan, namanya Diet Mayo.

Diet Mayo diperkenalkan oleh Mayo Clinic’s USA. Program diet ini hanya dilakukan selama 13 hari dengan pantangan utama menghindari garam atau makanan dengan rasa asin. Selama program ini berlangsung, garam bersama air dalam tubuh akan dikeluarkan setiap hari melalui urin atau feses, sedangkan tubuh tidak mengalami penambahan garam dari konsumsi makanan yang dapat menambah volume air di dalam tubuh (salah satu penyebab gemuk adalah air dalam tubuh).

Selain itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral 8 gelas sehari. Setelah melakukan diet ini, berat badan dapat berkurang 7 – 8 kg, ASALKAN program dilakukan dengan benar DAN jika suatu ketika menyimpang dari diet tersebut (memakan makanan lain selain dari menu yang ditentukan), maka harus diulang dari awal (Hari ke-1). 😀

Telah diteliti bahwa keadaan kimia di dalam tubuh menjadi lebih baik setelah menjalankan Diet Mayo, sehingga kemungkinan untuk menjadi gemuk sangat kecil asalkan pada hari 14 tetap mengontrol pola makan dengan normal (tidak berlebihan). Program diet ini cukup dilakukan 1 kali setahun.

Penasaran? Mari kita intip menu dari Diet Mayo ini.

Hari ke – 1 & hari ke – 8

Pagi : 1 cangkir kopi atau teh + gula ( tanpa susu )

Siang : 2 butir telur rebus + 1 buah tomat + bayam rebus

Malam : 150 gram daging bakar + slada ( daun slada / letes dicampur dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dan 1 sendok makan salad oil / olive oil).

Hari ke-2 dan hari ke – 9

Pagi : 1 cangkir kopi atau teh + gula ( tanpa susu )

Siang : 1 potong daging bakar atau rebus + slada ( daun slada / letes dicampur dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dan 1 sendok makan salad oil / olive oil) + 1 buah segar

Malam : 2 iris ham atau daging ayam direbus + 1 gelas yoghurt.

Hari ke-3 dan hari ke- 10

Pagi : 1 cangkir kopi atau teh + gula ( tanpa susu ) + 1 potong roti bakar

Siang : daun seledri di kukus + 1 buah tomat + 1 buah segar

Malam : 2 butir telur di rebus + 2 iris ham atau daging ayam rebus + slada ( daun slada / letes dicampur dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dan 1 sendok makan salad oil / olive oil)

Hari ke-4 dan hari ke -11

Pagi : 1 cangkir kopi atau teh + gula ( tanpa susu ) + 1 potong roti bakar

Siang : 1 telur rebus + 1 wortel diparut / dijus + sepotong keju ( 60 gram )

Malam : 1 kaleng buah2an ukuran kecil atau buah-buahan segar + slada ( daun slada / letes dicampur dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dan 1 sendok makan salad oil / olive oil) + 1 gelas yoghurt

Hari ke-5 dan hari ke – 12

Pagi : 1 wortel besar diparut / dijus + lemon

Siang : 1 potong besar ikan dipepes / dibakar

Malam : 1 potong daging dibakar atau direbus + slada ( daun slada / letes dicampur dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dan 1 sendok makan salad oil / olive oil) + seledri kukus

Hari ke- 6 dan hari ke – 13

Pagi : 1 cangkir kopi atau teh + gula ( tanpa susu ) + 1 potong roti bakar

Siang : 1 dada ayam di rebus + slada ( daun slada / letes dicampur dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dan 1 sendok makan salad oil / olive oil) + lemon

Malam : 2 butir di rebus + wortel diparut / dijus

Hari ke- 7

Pagi : 1 cangkir teh tanpa gula

Siang : 1 potong daging dibakar atau direbus + buah segar

Malam : Puasa kecuali minum air sebanyak-banyaknya

Hari ke -14

mulai bebas kembali seperti biasa (kurangi gula dan makanan berlemak)

Kalo mau menu dalam bentuk pdf, silakan unduh dimari.

Catatan tambahan:
– Daging bistik sapi harus digoreng dalam unsalted butter atau soya oil.
– Sayuran biasanya 1 ikat bayam direbus jangan terlalu lama (tanpa garam) atau selada mentah.
– Makan malam terakhir pukul 18.00

Selamat mencoba bagi yang berminat, saya doakan menjadi langsing seperti yang Anda impikan.. Ekekekek..
Nanti share hasilnya yaa!
Jangan lupa kalo tiba2 makan bakso atau chips, dietnya diulang dari awaaall… hihihi :p
X.O.X.O

Sumber:
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/03/03/resep-diet-from-mayo-clinic-usa/
http://share4all.wordpress.com/2008/06/12/diet-mayo/
http://suaraterbaru.com/diet-mayo/kesehatan/