jump to navigation

Es Krim Bikin Bahagia! January 18, 2012

Posted by chika-chika kelap-kelip in Culinary, Healthy.
Tags: , , , , , ,
trackback

Baru saja saya makan sedikit es krim neapolitan, rasanya menyenangkan!
Pengen lagi dan lagi, apalagi yang rasa coklat. Tapi sayang, es krim di kulkas sudah habis..😦

Btw kenapa es krim bisa merubah mood menjadi bahagia ya?

Katanya sih sesendok es krim saja sudah bisa memberikan dampak positif pada otak kita, yaitu bagian orbitofrontal cortex (otak bagian depan) yang berfungsi menganalisis berbagai hal. Entah bagaimana mekanismenya, tapi menurut artikel yang saya baca, suatu penelitian membuktikan bahwa dengan sesendok es krim dapat merangsang berbagai area dalam otak untuk membuat kita lebih ceria dan optimis dalam menghadapi masalah.

Artikel lain menyebutkan bahwa lemk dalam es krim-lah yang mem-boosting mood kita. Wew, gawat dong..
Tapi nggak kok, malahan katanya para peneliti menemukan fakta bahwa makanan berlemak tersebut dapat meringankan beban dari rasa sedih dengan cara yang sehat tanpa membuat berat badan bertambah.
Setelah responden yang diuji memakan makanan yang mengandung lemak, otak mereka akan mendapatkan rasa bahagia dari lemak tersebut. Solusi atasi kesedihan dari makan berlemak ini mempengaruhi kondisi perut yang mengakibatkan rasa sedih berkurang atau bisa jadi hilang.

Ngomong-ngomong soal bahagia, saya nemu artikel bagus nih tentang makanan yang bisa bikin good mood di saat mood lagi “chaos”😛
Mari kita simak.

Kalau kita sedang merasa sedih, biasanya es krim menjadi teman paling tepat. Sebenarnya ada jenis makanan lain yang juga bisa mengobati setiap jenis bad mood. Tepatnya tujuh jenis makanan untuk tujuh bad mood. Apa saja?

1. Stres: makan cokelat
Anda lapar, lelah, dan sudah telat untuk janji makan malam, tapi bos masih meminta untuk melakukan tugas lain? Stres pun membukit. Apa yang dapat menenangkan dalam sekejap? Makan cokelat!

Para peneliti di Swiss, yang penelitiannya diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, menemukan bahwa secuil cokelat hitam sanggup menurunkan hormon stres, kortisol, mengurangi kecemasan, sehingga membuat Anda dapat menyelesaikan semua tugas.

2. Malas: makan bayam!
Tidak bisa berkonsentrasi dan mata tidak mau terbuka? Lupakan kopi. Makan bayam! Ada alasan mengapa Popeye sangat menggemari sayuran yang satu ini. “Asam folat membantu tubuh untuk memproses dan menurunkan kadar homosistein,” kata Dr. Joann Dolgoff, penulis Red Light, Green Light, Eat Light.

Tingginya kadar homosistein berhubungan dengan rusaknya pembuluh darah, dan itu memengaruhi aliran darah dan gizi ke otak. Akibatnya, tubuh menjadi lamban, termasuk juga lamban dalam memproses informasi. Selain bayam dan sayuran hijau lainnya, yang dapat meningkatkan vitalitas adalah kentang, roti, sereal, kacang-kacangan, dan jamur.

3. Lekas marah: makan apel yang diolesi selai kacang
Anda tiba-tiba merasa sangat jengkel tanpa sebab tertentu? Cranky bisa menjadi tanda bahwa tubuh memerlukan bahan bakar. Cobalah konsumsi makanan kombinasi, biasanya antara karbohidrat dengan protein atau lemak. Karbohidrat menjadi sumber energi yang mudah habis, sedangkan lemak atau protein memperlambat proses pencernaan. Hal itu menyebabkan kadar gula dan energi menjadi lebih stabil untuk waktu yang lebih lama.

Contoh makanan ini adalah apel yang diolesi selai kacang. Apel adalah karbohidrat kompleks yang sehat, sedangkan selai kacang lemak sehat. Menggabungkan keduanya akan menghasilkan makanan yang lezat dan memberi energi yang bertahan lama.

4. Cemas: makan salmon
Jika Anda terus merasa cemas, cobalah makan siang ke luar kantor bersama teman-teman. Jika memang tersedia, pesan salmon, yang dimasak dengan cara apa pun. Asam lemak omega-3 dalam salmon bisa mengurangi kadar kecemasan. Mengonsumsi omega-3 secara reguler dapat mencegah dan mengobati depresi, demikian menurut Stephen Ilardi, PhD, penulis The Depression Cure.

5. Marah: minum teh hijau
Untuk menenangkan diri dengan cepat, minumlah secangkir teh hijau, saran Jacob Teitelbaum, MD, penulis Beat Sugar Addiction Now!.

Teh hijau mengandung theanine, yang bersifat menenangkan dan membantu untuk konsentrasi, berpikiran jernih, dan fokus. Selain itu, kafein dalam teh hijau juga lebih “ramah” untuk tubuh, daripada kafein dari kopi.

6. Sedih: makan sereal ditambah susu rendah lemak
Rasa sedih bisa disebabkan urusan pekerjaan atau asmara. Namun, dapat juga karena kurangnya vitamin D dalam menu makan sehari-hari. Salah satu fungsi vitamin itu adalah memproduksi serotonin, dikenal sebagai feel-good hormone, yang menyebabkan seseorang menjadi tenang, rileks, dan bahagia. Untuk memperbanyak asupan vitamin D, konsumsi susu rendah lemak, sereal, atau jamur.

7. PMS: makan roti telur
Ini “penyakit” khas cewek Menjelang menstruasi, selain perasaan ingin mengamuk selalu, rasa lapar juga muncul terus. Kalau sedang PMS, biasanya ngidam makanan yang membuat “bahagia”, seperti burger, es krim, atau keripik kentang. Cobalah roti telur sekali-kali.

Pilihlah roti gandum. Karbohidrat akan membuat kadar serotonin meningkat dan membuat Anda lebih tenang. Telur mengandung triptofan, yang dapat melepaskan serotonin tersebut.

Oke banget kaan kisi-kisinya. Selamat mencoba! Nanti sharing hasilnya ya. Bikin kamu jadi kalem atau malah??? (isi sendiri)😛

Sumber:
http://harianjoglosemar.com/berita/1000-manfaat-di-balik-lezatnya-es-krim-63845.html
http://gayahidup.liputan6.com/read/346210/cokelat-dan-es-krim-bikin-bahagia
http://cybershopping.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Nutrition&y=cybershopping%7C0%7C0%7C6%7C629

Comments»

1. Metode Baca Balita - December 6, 2012

Lihat gambar eskrim saja pikiran saya sudah bahagia, apalagi sampai memakannya??😀
Tingkatkan terus kreasinya gan..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: