jump to navigation

cik..cik..Chicken pox = ca..ca..Cacar air February 17, 2011

Posted by chika-chika kelap-kelip in Healthy.
Tags: , ,
trackback

Do you know what chicken pox is?

Chicken pox atau yang bahasa Indonesianya cacar air merupakan simtom penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Biasanya yang mudah terkena cacar adalah anak kecil, namun tidak menutup kemungkinan akan menyerang orang dewasa juga. Dan katanya, cacar air pada orang dewasa cenderung menimbulkan simptom yang lebih parah. Cacar ini sangat menular, namun jika virus ini menular pada orang yang pernah terkena cacar sebelumnya, kemungkinan besar orang tersebut tidak akan terkena cacar air lagi, jika terkena lagi pun simtomnya yang abortive. Akan tetapi, bisa saja jika orang itu sistem imunnya sedang drop, virus tersebut ter-reaktivasi kembali dan muncul sebagai virus Herpes zoster yang mengakibatkan penyakit herpes dengan gejala shingles atau semburat kemerahan dengan rasa sangat perih dan gatal. Sedangkan orang yang pernah terkena herpes, tidak akan mengalami gejala chicken pox ini..

Seperti apa gejalanya?
Gejala dari chicken pox ini adalah muculnya bintik-bintik merah pada wajah, tubuh, anggota gerak, bahkan kulit kepala. Bintik-bintik tersebut mulanya seperti jerawat dan 24 jam kemudian ujungnya akan tampak berisi air. Bintik itu akan terus membesar, berubah warna menjadi keabuan, dan mengering menjadi warna hitam. Saat ini merupakan fase yang paling contagious (paling menular). Walaupun terasa sangat gatal, jangan sekali-kali menggaruk/memecah bintik yang masih basah ataupun mencongkel yang masih belum kering benar, karena akan terjadi infeksi sekunder yang diakibatkan oleh bakteri, dan hasilnya akan menimbulkan bekas luka yang sangat jelek. Jadi, yahh,, sabar saja..
Chicken pox ini pada umumnya disertai dengan demam, seperti gejala flu dan radang tenggorokan pada awal gejalanya. Bahkan ada pula yang disertai dengan sakit perut.

Berdasarkan perbincangan dengan dokter kulit, bentuk dari bintik-bintik tersebut ada 2 jenis, yaitu full blown dan abortive. Full blown adalah bintik yang berbentuk besar dan keseluruhannya berisi air, sedangkan abortif adalah bintik yang berisi air hanya pada bagian ujungnya.

Bagaimana virus ini dapat menimbulkan gejala chicken pox?
Chicken pox disebabkan oleh Varicella zoster, yaitu virus yang sekerabat dengan Herpes zoster. Kedua virus ini sebenarnya telah dorman di tubuh kita, yaitu di ganglion bagian dorsal. Namun, ketika sistem imun kita sedang drop, virus ini akan ter-reaktivasi, melewati saraf periferal, kemudian akan berdiam di permukaan kulit dan membentuk bintik-bintik merah. Berikut ini videonya.

Virus Varicella zoster ataupun Herpes zoster menular melalui udara. Penderita chicken pox dapat menularkan pada orang lain melalui droplets dari batuk maupun bersin, ataupun air liur. Yang pasti virus ini akan menyebar melalui jalur pernapasan. Penularan ini sudah mulai terjadi saat 2 hari sebelum terlihat adanya gejala chicken pox. Dan penularan akan dapat berlanjut selama 7 hari setelah gejala muncul.

Pengobatannya?
Untuk yang terkena chicken pox, dianjurkan untuk bedrest selama 1 hingga 2 minggu. Pada umumnya, obat yang diberikan adalah antiviral secara oral dengan Valacyclovir dan secara oles dengan Acyclovir. Antiviral ini berfungsi untuk menghambat produksi enzim yang digunakan dalam replikasi DNA virus, sehingga menghentikan replikasi dari virus tersebut.

Untuk yang sedang terkena cacar,, saya sarankan untuk tidak memegang2 bintik2nya, agar kulit anda tetap mulus..
*menyesal karena tangan saya yang gatal menggaruk2, yang mengakibatkan bekas mendalam pada kulit.. T_____T

Sumber:
http://www.always-health.com/infectiousdiseases_chickenpox.html
http://www.always-health.com/infectiousdiseases_chickenpoxandshingles.html
http://www.sihatselalu.com.my/2010/01/cacar-air-chicken-pox.html

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: