jump to navigation

Menangislah sayang.. October 2, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Activities, Healthy.
trackback

Jika kita sedih, marah, ataupun terharu terkadang air mata dengan mudahnya mengalir karena perasaan tersebut. Hal tersebut saya rasa wajar-wajar saja, karena emosi dalam jiwa pun perlu diekspresikan agar tidak menimbulkan rasa sesak atau penyakit lainnya.

Kaum hawa biasanya memiliki frekuensi menangis yang lebih sering ketimbang kaum adam. Bahkan kaum adam ada yang tidak mau menangis walaupun emosinya sudah hampir tak tertahankan, dengan alasan takut dibilang cengeng. Akan tetapi, pria juga wajar kok kalau menangis sesekali. Toh, pria dan wanita sama-sama manusia, yang sama-sama punya perasaan..

Dan ternyata, menangis itu memiliki 7 manfaat. Apa saja manfaatnya? Mari kita baca kutipan artikel di bawah ini.

Manfaat menangis:
1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozim yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.

Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mengurangi stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.

Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Setelah menangis, biasanya mata kita akan menjadi bengkak. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan angkat kepala. Yaitu dapat dilakukan dengan tidur menggunakan dua bantal di bawah kepala. Cara ini akan membantu mendorong drainase (saluran) sinus dan mengurangi efek bengkak di kelopak mata saat bangun tidur. Selain itu, tidurlah dengan waktu yang cukup.

Tapi jika sudah kepalang bengkak, jangan khawatir, karena dapat diatasi dengan beberapa tips berikut ini.

Ketimun
Redakan bengkak di mata dengan ketimun. Tak perlu ke salon untuk mendapat manfaatnya. Anda bisa dengan mudah melakukan sendiri di rumah. Caranya, dinginkan ketimun lalu iris-iris tipis. Tempelkan atau kompres irisan untuk menutup kelopak mata yang bengkak. Diamkan beberapa saat sambil relaksasi di tempat nyaman seperti sofa, atau ranjang.

Teh Celup
Jika Anda memulai pagi dengan secangkir teh, simpan kantongnya di lemari es agar dingin. Menempatkan kantong teh yang dingin di kelopak mata bisa membantu mengurangi bengkak. Kantong teh herbal bisa membantu menyegarkan mata dan menghilangkan bengkak di kelopak.

Kafein
Kafein tidak hanya dikenal sebagai minuman pengusir rasa kantuk, tetapi juga bisa membuat mata terlihat cantik dan segar tanpa bengkak. Ketika diterapkan pada kulit, kafein memiliki efek mengencangkan.

atau bisa buka link ini:

Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena bisa menangis meledak-ledak.
So, menangis sesekali bukan berarti cengeng lho.. Menangislah pada saat yang tepat, dengan frekuensi yang tepat..🙂

Sumber:
http://www.bungakurnia.com/2010/07/7-manfaat-menangis.html
http://esa.wen9.com/tips/cantik.html

Comments»

1. galuh - October 22, 2010

Hehe ketimun, teh celup & kafein ya (kopi?).. patut dicoba berhubung kalo nangis sedikit aja besoknya pasti bengkak parah :p

Thanks for the info!😀

chika-chika kelap-kelip - October 22, 2010

hmm saya sih blm pernah pke ketimun ato kafein,
karena hampir tiap hari saya minum teh, saya simpan tea bag-nya di kulkas, trus saya pke deh.. adem.. hehe

2. rosmafadjrin - November 15, 2010

huaaaaa.. chikaaa what an informative article.. nice! thx for the information..

chika-chika kelap-kelip - November 16, 2010

derniere..😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: