jump to navigation

Strawberry milk pudding August 30, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Culinary.
Tags: , , , ,
trackback

Aloha!
Saya baru saja melakukan suatu keajaiban…. yaituu….
Saya baru saja membuat puding, saudara-saudara!
Entah angin apa yang menoel saya untuk memasak. Tapi yaa,, beginilah kenyataannya.. hehe!

Puding yang baru saja saya buat berjudul “Puding Susu Stroberi” atau “Strawberry Milk Pudding”.
Saya berani membuatnya karena bahan-bahannya tidak terlalu banyak dan cara membuatnya pun cukup simpel.
Berikut ini adalah resepnya..

Bahan:
7 g bubuk agar putih
100 g gula pasir
400 ml air
200 ml susu tawar cair
3 sdm susu kental manis
¼ sdt garam halus
½ sdt pasta stroberi (saya menggantinya dengan 1 sdm selai stroberi)

Pelengkap Penyajian:
100 g (atau sesuai selera) stroberi, potong-potong

Cara Membuat:
1. Larutkan bubuk agar dengan air, gula pasir dan garam, aduk rata. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
2. Tuang susu tawar cair dan susu kental manis. Aduk rata, didihkan kembali. Angkat.
3. Bagi adonan menjadi dua bagian, tambahkan pasta stroberi pada salah satu bagian dan biarkan putih pada bagian lainnya.
4. Siapkan gelas saji atau cetakkan puding. Tuang adonan agar putih. Dinginkan hingga mengeras. Tuang adonan agar stroberi, bekukan kembali. Tutup atasnya dengan adonan putih hingga gelas atau cetakan puding penuh. Dinginkan.
5. Sajikan puding dengan dilengkapi potongan buah stroberi sebagai pelengkap penyajian.

Resep ini untuk membuat puding sebanyak 8 porsi

Tips: Buah stroberi bisa dicampurkan ke dalam adonan sebagai bahan isi puding (tetapi saya prefer menggunakan potongan stroberi untuk hiasan di atasnya :P). Basahi cetakan puding dengan air matang sebelum digunakan agar puding mudah dikeluarkan.

Daaann hasilnya adalah….

Tat taraaaa…..!!!

Juga ini….
Tring triingg….

Menggiurkan bukan? (awas kalo ada yang jawab bukan :P)

Saya sengaja membuat ini untuk tajil berbuka puasa, walaupun sebenarnya puding ini untuk dessert. Komposisi dari resepnya saya modifikasi sedikit. Ya berhubung saya malas mengukur volumenya atau menimbang berat bahannya. hehe
Saya membuat ini semua dalam waktu kurang dari 1 jam. Bisa dibilang cukup mudah dan cepat untuk level pemula (yang tidak bisa masak) seperti saya.😀

Sekarang soal rasa,,,
Setelah adzan Maghrib berkumandang, saya segera menyantap hidangan yang saya buat ini.
Dan kesan pertama lidah saya… hmmm… waduh, saya tidak bisa menilai, wong ini bikinan saya sendiri. Ya kalau menurut saya sih enak-enak saja, walau agak terlalu manis.
Tapi pendapat saya diprotes oleh ibu saya. Beliau bilang kalau rasa pudingnya “PAS”!
Katanya malah tergolong tidak manis (untuk taste Indonesia), bahkan mirip dengan taste internasional.
Horeeeee!!!!!! (hidung terbang)
Alhamdulillah dibilang enak.. Saya akan mencoba belajar memasak yang lain kalau begitu.. ^_^

Selamat mencoba (resepnya)!😀

Resep oleh Budi Sutomo, dari Yahoo News Indonesia.

Terimakasih resepnya, Oom Budi!😀

Comments»

1. icha - August 30, 2010

chika….menggiurkan!Stroberinya emang bagus ditaro jadi hiasan,jadi tambah menggiurkan gimana gitu…karena dia nongol2 minta dicaplok.Saya doakan semoga kamu ketagihan masak,xixixixixi….

chika-chika kelap-kelip - August 31, 2010

hihihi… amin mamiiimm.. eh eh daku mau berguru masak padamu dongs!😀

2. Wawa - August 30, 2010

iyaaa.. looks delicious!! pengen nyoba jugaaa.. heheeee..

chika-chika kelap-kelip - August 31, 2010

ayo dicoba wa! simple but worth it..😀

3. Rizky - August 31, 2010

Yg sejam teh sampe pudingnya jadi? Atau ngaduk2 sampe masuk cetakan?
Ehehehehe…

chika-chika kelap-kelip - August 31, 2010

sampe pudingnya jadi dong, jat… hihihi

4. qimqim - August 31, 2010

anterlah ke indrayasa kan deket tuh ya ya ya ya ya..

chika-chika kelap-kelip - August 31, 2010

yah, keburu habis, kimmy… kamu telat mintanyaaa😀

5. qimqim - August 31, 2010

curang ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.. dasarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr..

chika-chika kelap-kelip - August 31, 2010

curang apanyaaaaaaa, kimmyyyy?????????

6. qimqim - September 9, 2010

curang dihabisin pudingnya..

7. budi sutomo - November 6, 2010

terimakasih kembali….salam…


Leave a Reply

