jump to navigation

Berbuka puasa dengan es teh?? August 23, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Healthy.
Tags: , ,
trackback

Dikutip dari Yahoo News Indonesia:

VIVAnews – Siapa tak suka minum es teh? Rasanya yang manis menyegarkan, berpadu dengan harga murah membuat es teh menjadi minuman favorit di segala suasana, termasuk saat berbuka puasa.

Popularitas es teh terbukti dengan kehadirannya di hampir semua tempat makan, mulai dari kelas warung hingga restoran mahal. Mungkin banyak yang setuju dengan jargon es teh kemasan, “Apapun makanannya, minumnya tetap es teh.”

Tapi tahukah Anda, di balik kenikmatannya, es teh menyimpan potensi merugikan bagi kesehatan. Penelitian Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengungkap bahwa konsumsi es teh berlebih meningkatkan risiko menderita batu ginjal.

Seperti dikutip dari laman Times of India, es teh mengandung konsentrasi tinggi oksalat, salah satu bahan kimia kunci yang memicu pembentukan batu ginjal. “Bagi mereka yang memiliki kecenderungan sakit batu ginjal, es teh jelas menjadi minuman terburuk,” kata Dr John Milner, asisten profesor Departemen Urologi, yang tergabung dalam penelitian.

Milner mengatakan, teh panas sebenarnya juga menyimpan efek buruk yang sama. Hanya, takaran penyajian teh panas biasanya lebih kecil. Logikanya, orang meminum teh panas tak akan sebanyak minum es teh. Jarang orang yang mengonsumsi teh panas saat haus. Berbeda dengan es teh, di mana banyak orang sanggup meminumnya lebih dari segelas saat haus dan udara panas.

Pria, wanita posmenopause dengan tingkat estrogen rendah, dan wanita yang pernah menjalani operasi pengangkatan indung telur paling rentan terpapar dampak buruk es teh. Oleh karenanya, Milner menyarankan, mengganti konsumsi minuman itu dengan air putih, atau mencampurnya dengan lemon. “Lemon kaya kandungan sitrat, yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal,” kata Milner.

Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih. Mineral tak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin, tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih.

Peneliti juga mengungkap sejumlah makanan lain yang berpotensi menyimpan efek buruk. Mereka menyebut antara lain: bayam, cokelat, kacang-kacangan, garam, dan daging.

Sebaiknya, konsumsi es teh dan makanan-makanan itu secara moderat demi kesehatan ginjal. Padukan pula dengan makanan tinggi kalsium yang dapat mereduksi oksalat. Dan, tentu saja perbanyak minum air putih.

Sumber:
http://id.news.yahoo.com/viva/20100823/tls-bahaya-es-teh-bagi-ginjal-34dae5e.html
http://thelightnc.com/health/mwade/ice-tea-linked-to-kidney-stones/

Nampaknya kita harus mencari alternatif minuman (sehat) lain ya untuk berbuka puasa dan teman makan 😉

Comments»

1. Rizky - August 23, 2010

Pengen share aja Chik, berdasarkan pengetahuan sy yg dangkal ini. Tolong benerin mun aya nu lepat.

Pendekatan batu ginjal ada dua sebenernya, klo g salah adalah timbunan kalsium (asam oksalat, contoh terbaiknya kalsium oksalat buat si batu ginjal ini) atau kelebihan asam urat (ini yg biasa pertama dicek kadarnya sama orang yg kena batu ginjal di kita, boleh cek langsung ke dokter) di ginjal. Biasanya diagnosis atau penelitian lebih lanjut bakal berbeda berdasarkan pola makan suatu komunitas. Contohnya ya artikel km ini. Negara2 barat mengacu pendekatan batu ginjal dari segi kalsium bukan asam urat, kenapa? Karena pola konsumsi mereka yg memang tinggi kalsium (seperti budaya minum susu dsb) dan jarang konsumsi makan yg memiliki kandungan asam urat (seperti olahan melinjo a.k.a emping dan kawan2nya).

Nah, jadi mun saya mah ngeliat artikel ini pasnya buat orang2 eropa yg emang doyan minum susu, sampe2 jenis susunya bejibun (kombinasi antara protein, fat, sm calsium. tinggal pilih mau yg mana yg high, low, atau non sekalian), tp kurang cocok buat orang Indonesia yg minum susu aja susah, kadang malah sembelit klo minum pagi2, ehehehe. Tp bagus juga sebagai informasi. Asal jgn jadi takut minum susu aja. Asal jgn kaya anak sapi yg minum susu wae kerjaannya.

Pernah kejadian sm dosen sy pas lagi sekolah di Amrik, beliau kena batu ginjal. Sama dokter sononya tanpa langsung diambil kelenjar parathiroidnya (yg ngatur sirkulasi kalsium ceunah mah). Eh, ternyata beliau batu ginjalnya dari asam urat. Terus belum setaun kemaren juga saya kena, pas di cek di lab dokter bilang, kok asam uratnya rendah (y iya lah, sy masih muda). Rupanya saya kena gara2 si oksalat ini. Tp kasus asam urat jauh lebih banyak klo di Indonesia mah (CMIIW).

Nice post Chik..!!
Punten klo kepanjanga..
=D

2. chika-chika kelap-kelip - August 23, 2010

makasih buat sharingnya Jat!
hoo begitu ya.. saya baru tau kalo ada 2 penyebab stone kidney ini..
kalo menurut saya, artikel ini bertujuan untuk mengingatkan supaya kita gak kebablasan minum teh banyak-banyak (bisa jadi karena tradisi minum teh di Indonesia). Karena dari artikel yang saya baca ternyata kadar kafein (w/w) dalam teh lebih tinggi daripada kopi (ini agak OOT), yang berbahaya bagi kesehatan. Tapi kadangkala kita gak sadar hal itu, karena teh emang nikmat banget. Nah, yg bisa saya simpulkan dari artikel ini, kalo suka minum teh banyak2, harus diimbangi dengan asupan kalsium yg banyak juga. Kalo ga bisa dapetin sumber kalsium yg banyak, maka kurangilah mengonsumsi teh atau makanan/minuman apapun yg menghasilkan banyak oksalat dan kafein..
wew komen saya jg panjang ya😛

thanks Jat atas komennya😀
ada tanggapan lain?

3. Rizky - August 24, 2010

tanggapan:
panjangan komen sy Chik..
ehehehehe..

mungkin karena dikita mah udah mah pagi minum kopi, temen makan dan ngemilnya es teh. Klo yg lebih kuat tradisi ngentehnya mah China, tp (*stau saya) mereka jarang ngopi.
Kebanykan kafein jg g bagus buat otak, bikin saraf jd tegang, matak susah tidur.

4. nisha - November 6, 2010

ikut nimbrung…..
trs.. buat penyebab kidney stone td gmn???? emang ada dua y… masalahnya q jg bingng…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: