jump to navigation

Mentega vs Margarin August 22, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Healthy.
Tags: , , , ,
trackback

Apakah mentega dengan margarin sama sehatnya? Atau sama gak sehatnya?😀

Mari kita baca kutipan dari Yahoo News:

Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa mentega dan margarin sama. Keduanya memang sumber lemak. Hanya, kandungan jenis lemaknya berbeda. Mengetahui perbedaannya penting demi pilihan makanan sehat untuk keluarga.

Menurut tim peneliti Harvard University, Amerika Serikat, margarin dan mentega adalah sumber lemak berkalori sama. Namun, mentega dianggap lebih baik karena mengandung lemak alami yang penting untuk kekuatan tulang. Mentega juga mengandung nutrisi lain untuk kesehatan tubuh.

Sedangkan margarin mengandung lemak jenuh yang dihasilkan ketika hidrogen dipanaskan sehingga minyak sayur mengeras. Suhu tinggi dalam proses produksi margarin ini berpotensi menghancurkan vitamin E dan nutrisi lainnya.

Margarin juga menggunakan zat pengeras dalam produksinya, semacam nikel dan cadmium. Nikel adalah logam beracun. Paparan nikel berlebih di dalam tubuh berisiko menyebabkan masalah pada paru-paru dan ginjal. Sedangkan cadmium merupakan zat beracun dari logam berat yang dapat menyebabkan penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi.

Selama ini, margarin sering diklaim sebagai lemak tak jenuh ganda mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang tak dihasilkan tubuh. Margarin juga dikata dapat membantu menekan kolesterol dalam darah dan melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Benarkah?

Tim peneliti Harvard University mengungkap, margarin justru mengandung asam lemak yang dapat meningkatkan risiko inflamasi, meningkatkan risiko serangan jantung, dan mengurangi harapan hidup. Konsumsi margarin secara berlebihan juga bisa memicu penyakit seperti colitis and arthritis.

BENARKAH?

Mentega berasal dari lemak hewan, mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Lemak jenuh dapat meningkatkan LDL (low density lipoprotein) kolesterol (kolesterol “jahat) yang berperan dalam peningkatan level kolesterol dalam darah.
Sedangkan margarin berasal dari lemak nabati, namun mengandung lemak trans, yang dihasilkan akibat proses hidrogenasi (pemanasan dengan hidrogen pada suhu tinggi untuk membekukan minyak sayur).
Seperti halnya lemak jenuh, lemak trans meningkatkan kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) dan menurunkan kolesterol HDL (high density lipoprotein / kolesterol “baik”).

Akhir-akhir ini, industri makanan di dunia mulai mengembangkan teknologi untuk pembuatan margarin tanpa proses hidrogenasi, untuk menghindari bahaya lemak trans. Margarin yang dihasilkan tanpa proses hidrogenasi ini lebih lunak teksturnya ketimbang margarin yang diproduksi melalui proses hidrogenasi. Margarin non-hidrogenasi tentunya tidak mengandung lemak trans, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Sebagai pengganti dari hidrogenasi minyak sayur, industri makanan kini menambahkan sedikit minyak selapa sawit, yang menghasilkan margarin dengan tekstur lembut dan bebas lemak trans.

Di Indonesia, beberapa industri sudah mulai menghindari proses hidrogenasi parsial yang dapat memunculkan lemak trans. Salah satu caranya, pengolahan minyak goreng dari kelapa sawit (palm oil) atau minyak kelapa (coconut oil) dilakukan dengan cara difraksinasi (dipecahkan atau diturunkan) dengan suhu maupun penyaringan, sehingga dihasilkan produk-produk bebas lemak trans.

Catatan: mentega juga mengandung lemak trans, tetapi lemak trans yang ‘baik’.

Oleh karena itu, kita tetap harus menjaga jumlah konsumsi mentega dan margarin, agar kolesterol tidak terakumulasi dalam tubuh dalam jumlah yang banyak.

Untuk info lebih lengkap, bisa diklik di sini:
http://www.healthcastle.com/butter-or-margarine.shtml
http://www.resep.web.id/kesehatan/waspadai-lemak-trans.htm

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: