jump to navigation

Pandemi Flu Babi August 12, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Biotechnology, Healthy.
Tags: , , ,
trackback

PANDEMI FLU BABI SUDAH BERAKHIR???

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA–Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, pandemi flu babi sudah berakhir dan keterjangkitannya secara global tidak seperti yang ditakutkan lebih dari setahun lalu. Kepada pers di Jenewa, Selasa, Dirjen WHO, Margaret Chan, kembali membantah kritik bahwa pihaknya membesar-besarkan kasus pandemi flu H1N1 pertama dalam lebih dari 40 tahun itu.

Akibatnya, beberapa negara Barat masih memiliki stok vaksin flu yang tidak digunakan dalam jumlah besar. Seorang pakar kesehatan masyarakat Hong Kong mengatakan, dunia beruntung karena virus H1N1 itu tidak bermutasi ke bentuk yang lebih mematikan.

Namun Chan mengingatkan otoritas kesehatan agar tetap mewaspadai penyebaran virus flu babi ini sebagai bagian dari flu musiman pada tahun-tahun mendatang.

Virus flu babi itu masih mengancam berbagai kelompok resiko tinggi, seperti para wanita hamil yang mendapat manfaat dari program vaksinasi, katanya. Stok vaksin H1N1 masih efektif menghadapi kemungkinan ancaman. Sejauh ini, virus flu babi itu pun tidak mengembangkan resistensi luas terhadap antiviral oseltamivir, katanya.

Pada Juni 2009, WHO mengumumkan pandemi virus flu babi setelah Amerika Serikat dan Meksiko diserang virus ini dan kemudian menyebar ke banyak negara di dunia dalam enam minggu. Pandemi 2009 itu merupakan yang pertama sejak 1968.

Untuk menghadapi kemungkinan terburuk H1N1, sebanyak 350 juta orang di seluruh dunia telah divaksinasi, katanya. Belasan perusahaan farmasi kemudian memproduksi vaksin flu, seperti Sanofi-Aventis, GlaxoSmithKline, Novartis, AstraZeneca dan CSL.

Sekitar 18.450 orang di seluruh dunia dipastikan meninggal dunia akibat terinfeksi virus flu babi. Namun WHO mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu sedikitnya satu tahun setelah pandemi dinyatakan berakhir untuk bisa mengetahui jumlah pasti korban yang tewas.


Dikutip dari:

http://id.news.yahoo.com/repu/20100810/tls-pandemi-flu-babi-sudah-berakhir-4d4f647.html

Hmm,, pandemi sudah berakhir… Alhamdulillah deh kalau begitu..

Tapi harus tetap waspada, karena kemungkinan mutasi itu sangat besar.

Yah,, walaupun pandeminya gak berakhir-akhir amat, mudah-mudahan endeminya di Hongkong saja deh, tempat si virus H1N1 itu muncul pertama kali,  jadi Indonesia gak terjangkit juga. hehe (ngarep). Tapi kalau sudah bermutasi,,, who knows…??

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: