jump to navigation

Bangun tidur ku terus…?? August 12, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Healthy.
Tags: , ,
trackback

Saya baca sebuah artikel yang berjudul “Waspada Gaya Gravitasi Saat Bangun Tidur”. Isi dari artikel ini mengingatkan kita akan kebiasaan sesaat setelah bangun tidur. Bagi orang-orang yang sibuk, atau insomnia, biasanya setelah wake up mereka langsung get up dan buru-buru ke kamar mandi agar tidak terlambat beraktivitas. Akan tetapi hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Mengapa? Mari kita baca penjelasannya.

Perubahan posisi mendadak dari berbaring ke berdiri dipengaruhi gaya gravitasi yang menyebabkan terkumpulnya cairan tubuh di bagian bawah. Sebanyak 500cc terkumpul di tungkai dan 250cc terkumpul di bagian panggul, sehingga tekanan darah menurun. Keadaan ini segera direspon oleh tubuh dengan meningkatkan frekuensi denyut jantung dan tahanan pembuluh darah agar tekanan darah kembali normal.

Bagi tubuh yang memiliki kebugaran sirkulasi yang baik, pengembalian kondisi tubuh seperti semula hanya membutuhkan waktu 30detik. Kegagalan respon tubuh terhadap perubahan kondisi tersebut dapat dirasakan seketika seperti: mata berkunang-kunang, pusing, lelah, keringat dingin, kesemutan, cemas. Bahkan jika dibiarkan, di masa depan dapat terjadi gangguan seperti : kenaikan tekanan darah, kenaikan kolesterol, serangan jantung bahkan stroke.

Kondisi di atas dapat diperburuk dengan adanya dehidrasi. Apalagi, hidup di negara tropis seperti Indonesia, membuat seseorang mudah mengalami dehidrasi. Kondisi cairan tubuh yang cukup merupakan modal utama bagi tubuh agar mampu bertahan menghadapi perubahan lingkungan di luar yang senantiasa berubah.

Supaya tubuh nyaman saat bangun tidur, sebaiknya jangan langsung berdiri, apalagi langsung mandi. Coba lakukan gerakan 3,5 M (3 x ½ Menit) berikut:
• Saat masih di tempat tidur, miringkan tubuh ke kanan selama 30 detik
• Setelah itu, duduk di tepi tempat tidur selama 30 detik
• Kemudian berdiri selama 30 detik, ditambah gerakan jinjit sebanyak 8 kali, untuk membantu memompa darah dari kaki kembali ke jantung.
• Akan lebih baik jika diteruskan dengan olahraga ringan.
Jangan lupa untuk minum sebelum tidur dan sesudah bangun tidur untuk menjaga asupan cairan bagi tubuh.

Sumber artikel:
http://www.aio.co.id/index.php/healthy/detail/10

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: