jump to navigation

Puasa sebentaaar lagi… August 9, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Activities, Values in life.
Tags: , , , , ,
trackback

Alhamdulillah…

Tak terasa sudah setahun Hijriyah yang telah kita lalui setelah menikmati bulan Ramadhan kemarin. Semoga tahun ini masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk dapat merasakan indahnya beribadah di bulan Ramadhan. Amin..

Mau nanya nih, apa sih yang biasanya disiapkan Anda-anda sekalian untuk menyambut bulan Ramadhan? Kalau saya sih tentunya mempersiapkan stok ransum yang buanyak, soalnya nanti kalau sudah menjelang lebaran harganya jadi mahal.. hehe

Tapi bukan itu maksudnya, saudara-saudara.. Maksud saya adalah persiapan mental atau yang lainnya agar dapat menjalani bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Karena di bulan yang penuh berkah dan ampunan ini kita pasti akan beribadah lebih intensif guna berlomba-lomba meraih pahala dari Yang Maha Kuasa.

Tapi bukan itu juga sih yang mau saya bahas di sini. Yang akan saya bahas searang adalah justru mengenai persiapan fisik. Kenapa coba?

Tentu persiapan fisik pun harus dilakukan, karena asupan sumber energi (makanan) hanya diperoleh pada saat sahur dan berbuka, yang dijeda dengan puasa atau shaum sekitar 13 jam (untuk daerah Bandung, Indonesia). Shaum di bulan Ramadhan tentunya berbeda rasanya dengan shaum sunnah, karena shaum ini adalah kewajiban bagi umat muslim yang menuntut kita untuk berpuasa dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi kuat atau ngga, ya harus kuat. Sahur atau ngga, pokoknya gak boleh batal sampai magrib! hehe

Tetapi jika shaum ini dilakukan ketika tubuh kita lagi gak fit, ya bahaya juga. Malah bisa mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan, misalnya maag, tipes, masuk angin, dll. Nah, untuk mencegahnya, mari siapkan tubuh kita dalam kondisi fit, baik sebelum maupun pada saat bulan Ramadhan.

Persiapan kondisi fisik dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan istirahat cukup.

Hendaknya kita menjaga diet (pola makan) pada saat sahur dan berbuka dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, yang mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Menurut salah seorang ahli gizi Indonesia, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi orang normal pada saat bulan puasa terutama adalah makanan yang kaya serat, kaya protein, dan berkuah. Dan akan lebih baik lagi jika diiringi dengan mengonsumsi suplemen makanan.

Porsi makan juga harus diatur. Tetaplah mengonsumsi makanan dengan porsi sedang seperti biasa. Jangan mentang-mentang di bulan Ramadhan berasa sangat lapar, sehingga porsinya menjadi 2 kali lipat ya!😀

Selain itu, banyak-banyaklah minum air putih pada malam hari setelah berbuka. Karena asupan air ini akan menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan saat berpuasa, sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Nah, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari pada saat berpuasa.

Bagi penderita sakit lambung, makanan yang sebaiknya dihindari adalah mie, ketan, daging berlemak, ikan & daging yang diawetkan, sayuran mentah dan berserat tinggi, minuman bersoda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan ini dapat menimbulkan gas yang berpengaruh pada peningkatan asam lambung (gastric juice).

Bagi kalangan yang “agak” overweight, sebaiknya menghindari makanan berkolesterol seperti lemak hewan, margarin, dan mentega. Selain itu, hindari pula makanan yang manis-manis, seperti dodol, sirup, cokelat, kue tart, dan es krim. Selain itu, jangan pula makan gorengan!

Sedangkan bagi yang punya body kurus seperti saya😀, sebaiknya banyak mengonsumsi susu dan menghindari makanan yang sulit dicerna, seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).

Jangan takut berolahraga ketika berpuasa!

Untuk yang jarang berolahraga, mulailah berolahraga ringan seperti jalan kaki. Sedangkan bagi yang sudah biasa berolahraga, lakukanlah olahraga seperti biasa, namun intensitasnya dikurangi. Jangan berolahraga terlalu lebay ya! Nanti malah dehidrasi lagi. hehe. Waktu yang paling baik untuk berolahraga saat bulan puasa adalah pada waktu menjelang berbuka, karena setelah mengeluarkan keringat, tubuh akan kembali mendapatkan asupan energi berupa makanan dan minuman pada saat berbuka.

tetap olahraga di saat puasa!!

Selain itu, jangan lupa istirahat yang cukup, dengan jam tidur yang cukup!

Dengan kondisi tubuh yang fit, Insya Allah kita akan dapat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan dengan khusyu’.

Terimakasih ya Allah, atas kesehatan yang telah Engkau berikan kepada kami. Mudah-mudahan kami menjadi hamba yang sholih/sholihah yang dapat menjalankan segala perintah-Mu dan menjauhi larangan-laranganMu. Dan berikanlah kami kesempatan untuk memperoleh ridlo-Mu sampai akhir hayat kami. Amin..

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa” [Al Baqarah:183]


Happy fasting, to y’all! Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan!!!

Cheers!😀

Jadwal imsakiyah bulan Ramadhan 1431 H bisa diunduh dimari.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sumber terkait:

http://lifestyle.okezone.com/read/2010/08/04/27/359421/27/segar-fit-di-bulan-puasa

http://dheryudi.wordpress.com/2009/08/14/pola-makan-yang-sehat-dan-seimbang/

http://www.conectique.com/tips_solution/health/tips/article.php?article_id=6823

http://www.alislam.org/indonesia/pustaka/articles/tidur_sehat.html

http://www.sugeng.web.id/2010/07/jadwal-imsakiyah-puasa-ramadhan-1431-h-2010.html

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: