jump to navigation

Hey banana!! August 7, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Biotechnology, Entertainment, Values in life.
Tags: , , ,
trackback

Karena masih terngiang-ngiang suara si annoying orange (barusan habis posting tentang annoying orange) memanggil-manggil banana, saya jadi ingin ngomongin banana deh. Skalian nyerempet-nyerempet dikit dengan topik riset yang sedang saya kerjakan, yaitu banana. This world is full with banana for me. Fiuh.. Sebagai anggota baru banana group, saya harus tahu paling tidak sedikit mengenai banana ini. Mari kita review mengenai manfaat si banana.

Banana, yang dalam bahasa Indonesia adalah pisang, memiliki terminologi dengan genus Musa. Spesiesnya banyak, ada Musa paradisiaca, Musa balbisiana, Musa acuminata (pisang ambon), sampai Musa spp. yang banyak macamnya.

The Bananas

The Bananas

Pisang dikenal sebagai salah satu makanan super bagi para atlet dan pakar kesehatan. Kandungan tiga gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa serta serat memberi energi untuk pembakaran energi selama 90 menit nonstop.

Banana Honey Sandwich

Banana Split

Ahh,, makanan dari olahan pisang ini bikin ngiler..

Tapi, pisang tidak hanya bermanfaat untuk menghasilkan energi. Jenis buah tropis (klimaterik) ini membantu mengatasi dan mencegah beberapa macam penyakit dan gangguan kesehatan. Sehingga diperlukan untuk menambah diet harian.  Berikut ini beberapa jenis gangguan kesehatan yang dapat dikurangi/dicegah dengan mengonsumsi pisang.

1. Anemia

Pisang tinggi zat besi yang merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu mengatasi anemia.

2. Tekanan Darah Tinggi

Buah tropis memiliki kandungan kalium yang tinggi tetapi rendah garam, sehingga sempurna untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi. Badan Obat dan Makanan US (FDA) mengizinkan produsen buah ini mengklaim pisang menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

3. Meningkatkan konsentrasi

Kemampuan belajar siswa yang makan pisang saat sarapan dan makan siang terpacu karena kandungan kalsium tinggi dalam pisang. Kalsium berfungsi membantu meningkatkan konsetrasi dan kewaspadaan.

4. Sembelit

Tinggi kadar serat yang membantu menormalkan pencernaan dan membantu mengatasi sembelit tanpa obat-obatan laksatif.

5. Depresi

Para penderita depresi merasa lebih baik setelah makan pisang. Sebab, pisang mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk memberi rasa rileks, memperbaiki mood, dan membuat bahagia.

6. Obat mabuk

Cara termudah untuk mengobati rasa sakit dan mual akibat mabuk adalah dengan milkshake pisang dicampur madu. Pisang menenangkan perut dan madu meningkatkan kembali gula darah.

7. Penyakit Jantung

Pisang memiliki efek antasid, sehingga bila merasa hati seperti terbakar, makan pisang akan meringankan rasa sakit. Makan pisang secara teratur dapat mengurangi risiko stroke sebesar 40%.

8. Morning Sickness (mual pada wanita hamil)

Mengemil pisang di antara waktu makan besar membantu menjaga kadar gula dan mencegah mual-mual pada wanita hamil.

9. Gigitan Nyamuk

Sebelum menggunakan krim anti-gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam pisang kulit pisang. Ini akan mengurangi pembengkakan dan iritasi.

10. Saraf

Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dengan kandungan potasiumnya.

11. PMS (Nyeri haid)

Vitamin B6 dalam pisang mengontrol tingkat glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda menjelang menstruasi.

12. Merokok

Pisang juga dapat membantu orang yang mencoba berhenti merokok. Tingkat vitamin C, A, B6, dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek racun nikotin.

13. Pengendali suhu tubuh

Pisang berfungsi sebagai makanan ‘pendingin’ yang memperbaiki kondisi fisik dan emosional ibu. Pisang dapat menurunkan suhu dalam kandungan dan membantu bayi lahir dengan suhu tubuh tidak tinggi.

14. Maag dan luka usus

Pisang mencegah maag dan luka akibat gangguan pencernaan karena tekturnya yang lembut. Pisang satu-satunya makanan yang membantu mengatasi ulkus over-kronis dan menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

15. Obat Kutil

Pisang adalah obat alami untuk menghilangkan kutil. Letakkan kulit bagian dalam pisang pada kutil dan plester.

Berarti si monyet-monyet pemakan pisang itu sehat-sehat ya?? hihihi

Baby monkey

I'm healthy by eating bananas.. Let's peel the bananas!😀

Sumber: http://id.news.yahoo.com/viva/20100729/tls-1001-manfaat-pisang-34dae5e.html

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: