jump to navigation

(Katanya) Ini adalah makanan yang bisa membuat kurus! August 23, 2010

Posted by chika-chika kelap-kelip in Healthy.
Tags: , , ,
trackback

Lagi-lagi saya mengutip dari sebuah artikel dari Yahoo News sebelum saya membuka email,,

Kali ini judulnya adalah “10 Makanan Ini Tingkatkan Metabolisme Tubuh”

VIVAnews – Salah satu penyebab gagalnya program diet penurunan berat badan adalah proses metabolisme yang lambat. Di samping konsumsi makanan tertentu, berolahraga teratur juga perlu untuk menstimulasi metabolisme agar lemak tubuh terbakar dengan mudah.

Berikut daftar makanan sehat dan alami yang bermanfaat untuk merangsang metabolisme, sehingga berat badan menyusut lebih cepat.

1. Makanan pedas

Saus salsa, cabai, lada, atau makanan pedas lain akan membakar 20 persen lebih banyak lemak. Tambahkan makanan pelengkap tersebut ke dalam makanan Anda, tetapi jangan terlalu banyak karena bisa menimbulkan gangguan perut.

2. Buah berry

Buah berry adalah sumber penting zat antioksidan tanpa kalori. Rasa manis dalam buah ini akan memuaskan kebutuhan Anda akan rasa manis, sekaligus membantu Anda menurunkan berat badan.

3. Ikan

Ikan, terutama ikan salmon, mengandung asam lemak Omega 3. Ikan akan memperlancar metabolisme dan membakar lebih banyak lemak, sehingga metabolisme akan lebih aktif dan kulit tampak lebih segar.

4. Seledri

Seledri merupakan sayuran tanpa kalori yang membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat, mudah, dan lebih baik. Bentuk apapun dari akar atau batang seledri, baik disantap mentah atau sebagai campuran salad dan sup akan membuat Anda terkejut saat menimbang badan.

5. Jeruk lemon

Pada pagi hari, satu sendok teh perasan lemon segar dicampur ke dalam satu gelas air akan meredam rasa lapar. Campuran air dan lemon ini juga akan memberikan energi bagi tubuh dan membantu membakar lemak. Jangan tambahkan gula, bila dirasa terlalu asam, tambahkan saja madu.

6. Air dingin

Makin dingin, makin baik. Air putih sangat ideal untuk memperhalus fungsi-fungsi tubuh, bermanfaat saat kulit mengalami dehidrasi, dan berperan dalam regenerasi sel serta menghilangkan racun. Air dingin akan memperlancar metabolisme hingga 30 persen dan lemak akan terbakar dengan mudah. Pilih air putih dengan es batu. Temperatur ideal adalah 5 hingga 8 derajat Celcius.

7. Gandum

Gandum secara bertahap mengeluarkan glukosa ke dalam aliran darah dan proses metabolisme tubuh akan lebih mudah memproduksi gula dan lemak. Usahakan mengonsumsi satu mangkuk penuh gandum (oat) plus buah berry pada pagi hari. Anda akan puas dengan hasilnya.

8. Kubis dan sayuran sejenisnya

Kubis dan makanan ‘satu kerabat’, seperti brokoli dan bunga kol akan mempengaruhi proses metabolisme dan membakar lebih banyak kalori dibanding kondisi biasa. Sayur-sayuran tersebut juga kaya vitamin dan mineral penting yang diperlukan saat menjalani diet.

9. Satu mangkuk sup per hari

Sebuah studi belakangan ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi satu mangkuk sup sebelum menyantap makanan utama (makan siang atau makan malam) menurunkan berat badan lebih mudah dibanding mereka yang sama sekali tidak mengonsumsi sup. Pilih sup sayuran seperti kubis, bunga kol, atau kubis.

10. Satu apel sehari

Satu buah apel atau lebih dalam satu hari akan membantu menekan rasa lapar lebih lama. Manfaat lain, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan mempermudah penyusutan berat badan.

Tapi kalau menurut saya sih hasilnya akan berbeda untuk setiap orang.

Saya jadi ingat, pernyataan dari artikel ini bertolak belakang dengan penjelasan dari salah satu dosen saya sewaktu kuliah. Beliau mengatakan bahwa “jika anda ingin GEMUK, banyak-banyaklah minum air putih, karena itu akan membuat metabolisme menjadi LANCAR”.
Hummm,, jd sebenarnya yang benar yang mana ya??
Bagaimana kalau dicoba saja…
Nanti tinggal sharing apakah diet dengan cara memakan 10 jenis makanan ini akan membuat kurus? atau malah membuat gemuk? hihihihi…
Selamat mencoba! :D

Sumber:
http://id.news.yahoo.com/viva/20100823/tls-10-makanan-ini-tingkatkan-metabolism-34dae5e.html

By the way, saya dapat artikel aslinya lhoo :D
http://www.methodsofhealing.com/10-foods-that-stimulate-your-metabolism/

About these ads

Comments»

1. rosmafadjrin - August 23, 2010

mahhhhh.. makan apelnya sebelum makan semua yg disebutin yaaaa.. saya baca (dan pengen nulis di blog saya) katanya klo makan buah jgn dijadiin makanan penutup mahhh.. big mistake.. makannya sebelum makan yg lainnn.. tapi kadang susah jugaaa.. ahahahah.. cup2s

2. chika-chika kelap-kelip - August 23, 2010

iya omaaahh,,
terimakasih sudah mengingatkan..
makan buah2an seharusnya sebelum makan makanan berat, supaya gizi yang dikandungnya diserap dengan baik.. (gitu bukan omah?)
tapi memang agak susah untuk melakukannya,, apalagi yg punya maag.. (curhat) hehe :-*

3. Rizky - August 24, 2010

Chik, pernah denger diet macan?

Jadi makannya cuma daging aja, g pake karbohidrat. Argumennya, protein jauh lebih mudah dibakar dibanding karbohidrat, jd memacu metabolisme tubuh oge. Matak langsing. Tp g tau sih bener atau ngga (*sumber dari obrol2 aja). Logis g y?

4. chika-chika kelap-kelip - August 25, 2010

hmm, setau saya malah karbohidrat yg mudah dibakar utk menghasilkan energi, protein malah yg terakhir sblm lemak..
tapi gatau jg sih alasan ilmiahnya kenapa dilakukan diet macan itu, mungkin karena gak semua hasil hidrolisis karbohidrat diubah jd energi kali ya, supaya mencegah terjadinya penimbunan jd lemak ato gula darah berlebih. hehe *sotoy*
tapi iya kok, dosen sy ada yg dietnya kek gitu, jd cuman makan sayur+lauknya aja tanpa nasi..
tapi menurut saya sih klo mo kurus cepet, mending diet kambing drpd diet macan, jd vegetarian.. hehe

5. Aryansah Pradanaputra - August 26, 2010

setau saya, kalo yang minum air putih itu baiknya 1 atau 2 jam sebelum makan..
tapi antara minum dan makan itu usahakan jangan makan apa2 lagi..
gangerti kenapa.. meh usus lebih licin kali yah.. ahahahaha.. non sense..!

tapi da susah.. kita teaaaa.. tukang ngemil.. hahaha..

6. Rizky - August 27, 2010

@Chika
oohh gt y?
tp enakan daging daripada sayur Chik..
apalagi daging kambing muda..
ehehehe..

@Ary
sy g ikutan

7. chika-chika kelap-kelip - August 27, 2010

@Kijat:
yah,, klo mau berubah (jd kurus) harus berani mengambil resiko (makan kurang enak dan kenyang).. hehehe
kambing muda?? antum kepingin kolestelor ya?? :D

@Ary:
ohya? klo sy baca di artikel http://health.detik..com/read/2010/02/20/093458/1303260/766/minumlah-air-satu-jam-sebelum-makan
ktnya itu bertujuan agar makanan dpt tercerna dg baik tanpa hambatan dr kelebihan air…
kita?? ente aja kaliii.. :P

8. Rizky - August 28, 2010

alhamdulillah terakhir cek darah ngga kolesterol Chik..
ehehehe..

Dengan semok, sy merasa seksi..
*loh?

9. kamil - November 17, 2010

aku taknak kurus aku nak gemuk macam gajah

10. frozenshock - December 19, 2010

thanx for the tip.. :D

chika-chika kelap-kelip - December 20, 2010

u’re welcome.. :)

11. rahmawati - March 8, 2012

klo minum obat-obat pelangsing yg sekarang lg buminkg di FB bener gk sich bisa langsing instan…..??

chika-chika kelap-kelip - March 8, 2012

wah,, kalo saya sih gak berani nyoba2 yang belum jelas merk dan komposisinya. Apalagi kalo obat langsing cem2 obat cina atau herbal itu harus hati2 dengan bahan kimia obat yang dikandungnya. Takutnya, yg tadinya mau langsing eh malah sakit yang lain, kan repot ya. Suatu hasil pasti pake proses dulu mbak, mungkin salah satunya dengan mengatur pola makan/diet rendah karbohidrat. Kalo mau agak instan, mbak bisa coba Diet Mayo, sudah terbukti, bisa dicek di postingan saya yang ini.. http://lachicchattenoir.wordpress.com/2012/03/08/mau-langsing-dan-sehat-diet-mayo-yuks/
selamat mencoba :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: